PELAFALAN PENGUCAPAN BAHASA JEPANG / JAPANESE

今晩は、 みんな。。
(konbanwa, minna..)

Ya sesuai janji kemarin (kemarin lusa sih..), Saya mau ngasih tau cara pelafalan/pengucapan dalam Bahasa jepang (日本語). Pada intinya, abjad dalam Hiragana dan Katakana terdiri dari dua huruf, yaitu huruf konsonan dan huruf vokal (a,i,u,e,o). Bunyi huruf vokal pada abjad Jepang juga sama seperti huruf vokal Indonesia, jadi pengucapannya sama.

A. HURUF KONSONAN

    Cara mengucapkan huruf konsonan atau huruf mati dalam bahasa Jepang hampir sama seperti bahasa Indonesia. Meskipun demikian, kedua bahasa ini memiliki perbedaan dalam cara bacanya. langsung deh, cekibrot…
1. Huruf yang bunyinya tetap seperti bahasa Indonesia, salah satunya “g”. 
– がいひ (gaihi) diucapkan gaihi = kulit
Huruf g di awal bahasa Jepang diucapkan dengan jelas seperti pengucapan bahasa Indonesia.

2. Huruf yang bunyinya berubah adalah:
– だいがく (daigaku) diucapkan daingaku = universitas
Huruf g di tengah kalimat diucapkan ng.

かばん (kaban) diucapkan kabang = tas
Huruf n yang di akhir kata diucapkan ng.

にほんご (nihongo) diucapkan nihonggo = Bahasa Jepang
ぎんこう   (ginkou) diucapkan gingkoo = bank
Huruf n juga diucapkan ng bila penulisannya sebelum huruf “g”, “k”.

えんぴつ         (enpitsu) diucapkan empitsu = pinsil
がんばります (ganbarimasu) diucapkan gambarimas = semoga sukses/semangat
せんもんか    (senmonka) diucapkan semmonka =  spesialis
Huruf n diucapkan m apabila ん(n) digunakan sebelum huruf “p”,“b”,“m”.

3. Huruf “r” tidak diucapkan dengan suara jelas seperti dalam bahasa Indonesia, tapi diucapkan dengan lembut.
ラジオ (rajio) diucapkan rajio = radio

4. Huruf “s” diucapkan “s” seperti dalam bahasa Indonesia, kecuali / (shi) diucapkan “shi”.
せんせい (sensei) diucapkan sensei = guru
しね (shine) diucapkan shine = kematian

5. Huruf “v” pada kata serapan bahasa asing di ganti dengan huruf “b”.
ビデオ (bideo) diucapkan bideo = video

6. Untuk konsonan rangkap ditandai dengan tsu kecil ().
きっと (kitto) diucapkan kitto = pasti/tentu saja

7. Dalam bahasa jepang tidak mengenal huruf “l” dan “x”.

B. HURUF VOKAL

    Ada beberapa aturan untuk pengucapan huruf vokal dalam bahasa Jepang, sebagai berikut:
1. Huruf “u” dan “i” terkadang tidak di bunyikan dengan jelas, terutama jika diapit “c, f, k, p, s, t”.

たべます (tabemasu) diucapkan tabemas = makan
でした (deshita) diucapkan deshta = “kata ini seperti kata was dlm bahasa Inggris”

2. Huruf vokal panjang biasanya ada tambahan huruf “a, i, u, e, o” dalam huruf tersebut.
ろうそく (rousoku) diucapkan roosoku = lilin
huruf u akan diucapkan/dibaca o seperti kata diatas.

Nah seperti itulah pelafalan/pengucapan kata dalam bahasa Jepang mudahkan.. hehe…
Jika udah ngerti sampai langkah ini pasti langkah selanjutnya pun pasti bisa baca tuh tulisan jepang. oh iya sebenernya ini gak sesuai janji kemarin sih, seharusnya Saya tulis tentang kalimat / penulisan tanggal dan waktu dalam bahasa Jepang tapi setelah di pikir-pikir kalian harus ngerti dulu nih di langkah ini, supaya kesananya ngerti.
Okelah kalau begitu pertemuan untuk sekarang cukup sampai di sini dulu (hehe..), disambung lagi nanti ya kawan-kawan.  ありがとう。 じゃ、 また ね。 おやすみなさい。。。